Rabu, 13 Januari 2016

Object Oriented Program Theme Font

Object Oriented Program Theme Font


Object Oriented Program Theme Font
Pengertian OOP
OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi objek. Tujuan dari OOP yaitu untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. setiap bagian dari permasalahan adalah objek, dan objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek.
Disini saya akan memberikan sebuah contoh dari penerapan OOP, yaitu sebuah penerapan dalam Tema dimana Tema Font sebagai sebauh Class dan objecknya terdiri dari Regular, Italic, Bold, Strike.
OBJEK : REGULER,ITALIC ,BOLD,STRIKE,
Cara kerja
Reguler            =  Memberikan efek tulisan biasa
Italic                = Memberikan efek tulisan miring
Bold                = Meberikan efek tulisan tebal
Strike               = Meberikan efek garis coretan ditengah tulisan
Underline        = Memberikan efek garis bawah pada tulisan


Pengertian Class
Class adalah merupakan penggambaran dari sebuah objek atau benda,sifat objek, dan juga apa yang bisa dilakukan oleh objek tersebut. class berfungsi untuk menampung objek objek dan method(behaviour) yang ada.
Pengertian Objek
Objek adalah bentuk nyata dari sebuah class dan dapat di lihat, di pegang,dan dirasakan.
contohnya: class Tema Font maka objeknya Regular, Italic, Bold, Strike, Underline
A.    Regular
B.     Italic
C.     Bold
D.    Strike
Pengertian Method
Method adalah suatu operasi berupa fungsi fungsi yang dapat dikerjakan atau sesuatu yang dapat dilakukan oleh sebuah objek
contoh dalam kehidupan sehari hari yaitu: 
  • super class: Tema
  • class: Tema Font
  • objek: Regular, Italic, Bold, Strike, Underline
  • method: Cara penulisan yang berbeda – beda
Konsep-konsep object oriented programming.

1. Enkapsulasi adalah suatu mekanisme untuk menyembunyikan atau memproteksi suatu proses dari kemungkinan interferensi atau penyalahgunaan dari luar sistem dan sekaligus menyederhanakan penggunaan sistem itu sendiri.

2. Pewarisan adalah konsep dimana suatu objek memiliki sejumlah prilaku yang sama yang dimiliki oleh objek lain dalam suatu hirarki tertentu.

3. Polymorphis adalah konsep dimana beberapa objek dapat memiliki metode yang sama dengan aksi yang berbeda. Dalam konsep yang lebih umum polymorphis disebut dengan istilah suatu interface, banyak aksi.


Didalam bahasa Pascal Setiap baris program yang anda tulis merupakan bagian dari suatu objek. Yang terpenting dengan memanfaatkan konsep ini maka anda dapat mengganti objek-objek yang menyusun subsitem ini dengan objek lainnya tanpa menggangu keseluruhan sistem, memiliki prilaku dari objek lain dan memiliki metode yang sama dengan aksi yang berbeda. Selamat berinteraksi dengan OOP (Object Oriented Programming) Lazarus Free pascal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar