Rabu, 04 Oktober 2017

ETIKA KOMPUTER DI INTERNET (NETIKET)



Pada era globalisasi saat ini, informasi sudah seperti kebutuhan primer. Hampir setiap waktu kita membutuhkan informasi layaknya kita membutuhkan udara untuk bernafas, untuk mendapatkan informasi tersebut kita juga membutuhkan sumber media dan yang paling mudah digunakan oleh masyarakat adalah media sosial/media internet. Dengan menggunakan internet, selain mendapatkan sebuah informasi, kita juga dapat berinteraksi dengan sesame pengguna internet. Namun, banyak juga masyarakat yang menyalahgunakan internet sehingga merugikan pihak-pihak tertentu yang bersangkutan. Untuk itulah terdapat etika tersendiri dalam menggunakan internet layaknya dunia nyata.

1. Pengertian Etika Berinternet (NETIKET)

Etika berasal dari bahasa yunani kuno  ethikos yang berarti timbul dari kebiasaan. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep benar-salah, baik-buruk, serta tanggung jawab. Sedangkan internet merupakan kependekan dari interconnection-networking yang berarti seluruh jaringan computer yang saling terhubung menggunakan standar system global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP). Jadi Netiket adalah pedoman dalam melakukan interaksi dengan sesame pengguna internet. Standar netiket sendiri ditetapkan oleh sebuah badan yang bernama IETF (Internet Engineering Tassk Force) yang merupakan sebuah komunitas internasional dan kumpulan dari peneliti, perancang jaringan dan operator yang berperan dengan pengoperasian internet.

2. Beberapa Etika Dalam Ber Internet

Dalam berinternet diperlukan suatu etika yang berfungsi sebagai pedoman kita dalam berinternet. Berikut adalah beberapa etika ber internet :

2.1. Memperhatikan penggunaan huruf capital

Dalam penulisan sebuah informasi, penggunaan huruf capital harus diperhatikan. Jangan menggunakan huruf capital sembarangan karena huruf capital yang tidak tepat dapat disalah artikan oleh para pengguna internet lainnya.

2.2. Hati-hati terhadap informasi yang diterima melalui internet

Lewat internet kita bisa mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya. Baik itu spam, hoax, dan lain-lain. Untuk itulah kita harus mencari referensi sumber berita yang terpercaya.

2.3. Penggunaan CC di e-mail

Jangan mencantumkan nama dalam kolom "CC" karena jika melakukan hal tersebut semua orang yang menerima e-mail dari anda dapat melihat alamat-alamat e-email orang lain. Untuk itu gunakan selalu "BCC" agar semua orang hanya bisa melihat e-mailnya sendiri.

2.4. Penggunaaan format HTML

Dalam mengirim e-mail jangan sekali-kali menggunakan format HTML jika kita tidak yakin kalau orang yang menerima e-mail kita bisa membaca kode HTML.

2.5. Attachment e-mail

Jangan sembarangan meng-attach file lewat e-mail. Perhatikan file yang ingin kita attach, jangan sampai sebuah file yang akan di attach ukurannya terlalu besar.

2.6. Penggunaan kutipan

Kadang kita sering memberi komentar di forum orang lain yang menyertakan sebuah kutipan dari postingan orang yang dikomentar. Hal tersebut sebenarnya kurang tepat. Mengapa? karena dengan seperti itu akan mengakibatkan bandwith server menjadi berat dan akses untuk membuka postingan tersebut menjadi lama.

2.7. Private Message

Private message tentunya bukan untuk semua publik, oleh karena itu ada baiknya kita jangan memposting private message ke area publik. Selain itu, pesan-pesan yang bersifat private sebaiknya disampaikan lewat private message.

2.8. Sumber dari informasi yang kita sampaikan

Jika kita membuat suatu informasi di blog, kita diwajibkan untuk menyertakan sumber agar suatu informasi yang ingin disampaikan jelas sumbernya dan juga jika kita tidak mencantumkan sumbernya sama saja kita seperti mengakui sebuah karya orang lain.

2.9. Hindari personal attack

Hindari perdebatan yang menimbulkan suatu kosa kata yang tidak sopan.

3. Kesimpulan 

Netiket adalah etika dalam menggunakan internet agar kita dapat menggunakan internet dengan baik dan benar sehingga tidak menimbulkan suatu hal negatif yang dapat menjadikan suatu informasi yang disampaikan seharusnya benar menjadi tidak benar. Contoh kecilnya adalah jika kita mendapatkan informasi yang mengatasnamakan suatu hal dan kita mengubah informasi tersebut menjadi informasi yang tidak benar berarti informasi tersebut sudah tidak bisa dikatakan informasi lagi karena sudah terjadi perubahan di dalam informasi tersebut.

Demikian penjelasan dan contoh-contoh dari netiket, semoga blog saya bermanfaat untuk teman-teman sekalian.

Sumber :
http://medyarizkadani.blogspot.co.id/2013/04/etika-dalam-menggunakan-internet-netiket.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar